Sosok Di Balik Laman Awal Google



Ada yang berbeda dengan tampilan doodle di mesin pencarian terbesar di dunia, Google. Pada tampilan awal laman Google hari ini, nampak seorang lelaki berkumis dan berkacamata sedang memegang kamera film dan tiga perempuan berdiri sebagai latar. Ialah Usmar Ismail, seorang maestro perfilman Indonesia.

Photo: IndonesiaDaily
Rupanya pada hari ini 20/3, Usmar Ismail berulangtahun ke-97. Usmar Ismail merupakan seorang sutradara terkemuka pada era 1950an dan 1960an. Perkembangan teater dan film di Indonesia kini tidak lepas dari jasa sang maestro. Usmar Ismail juga aktif sebagai pengurus lembaga yang berkaitan dengan teater dan film.
Ia juga memiliki sebuah studio film yang bernama perfini. Beberapa karya film klasik Indonesia seperti Pedjuang (1960) dan Enam Djam di Djogja (1951) yang booming pada masa itu, adalah beberapa hasil karya studio film yang dibuatnya. Ada sekitar 25 film yang telah diproduksi Usmar Ismail. Tidak hanya film, Ia juga berkarya dalam drama, puisi serta karya seni lainnya.

Photo: Bioskop Blog
Dilansir dari GNFI, Usmar Ismail pernah membawa pulang piala citra dengan 2 karyanya yang berjudul Djam Malam dan Tamu Agung.

Comments

Popular Posts